Teknologi

01/01/2003 02:12

Teknologi merupakan proses evolusi dari suatu aktifitas manusia yang nilainya mengandung unsur penerapan imajinasi dan berlangsung secara perlahan-lahan. Hal ini sejalan dengan akar kata teknologi itu sendiri yang secra etimologis adalah Techne yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni.

Istilah teknologi sendiri pertamakali dipakai oleh Philisp ditahun 1706 yang didalam bukunya berjudul Teknologi:Deskripsi tentang seni-seni-khusunya mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical).

 

Kemajuan Teknologi: Kecerdasan dan keberanian manusia dalam merubah suatu cara atau metode pada setiap aktifitasnya merupakan suatu wujud kemajuan teknologi manusia. Cara-cara bercocok tanam yang berpindah-pindah sampai pada bercocok tanam yang menetap merupakan contoh kongrit yang paling sederhana, belum pada penggunaan bahan bakar pesawat yang beralih pada pemanfaatan energi panas matahari sebagai pengganti bahan bakar.(info-2010-as).

 

Didalam media Wikipedia disebutkan bahwa: ada tiga klasifikasi dasar kemajuan teknologi antara lain:

  1. Bersifat Netral (neutral technological progress): Terjadi bila tingkat pengeluaran (output) lebih tinggi dicapai dengan kuantitas dan kombinasi faktor-faktor pemasukan (input) yang sama.
  2. Bersifat Hemat tenaga kerja (labor-saving technological progress): Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas banyak ditandai oleh meningkatnya secara cepat teknologi yang hemat tenaga kerja dalam memproduksi sesuatu mulai dari kacang-kacangan sampai sepeda hingga jembatan.
  3. Bersifat hemat Modal (capital-saving technological progress): Fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama disebabkan karena hampir semua riset teknologi dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang lebih ditujukan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modal.