DESAIN DAN KEBUDAYAAN

19/04/2010 11:46

Bila orang menyebut kata "desain" (Design), interpretasi pengertiannya akan berbeda-beda, ini disebabkan karena kata desain mencakup pengertian yang luas, cakupannya meliputi pengertian dari merancang software, merancang mensin, gedung, ruang sampai mendesain sarung bantal. Tiap cabang ilmu dan profesi mempunyai hak menggunakan istilah "Desain". Dalam tulisan ini pengertian desain yang dimaksud adalah:

  1. Jenis kegiatan perancangan yang menghasilkan ujud benda untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dalam lingkup seni rupa. sehingga jenis perancangan yang tidak ada unsur keseni-rupaan dalam pertimbangan pemikiran dan pendekatannya terletak di luar kerangka tulisan ini.
  2. Dititik beratkan pada pengertian desain modern adalah perancangan melalui proses pemikiran dan pendekatan dengan menggunakan metoda berfikir yang mempunyai aspek, relasi, mekanisme kwantifikasi ( metode rasional)
  3. Terkait dengan waktu setelah masa revolusi Industri bahwa desain memiliki cakupan pengert ian pada unsur-unsur industri, ekonomi pasar dan produksi masa.

Tentu saja ketiga batasan di atas tidak mampu total menjadi batasan definisi yang ketat "Grey area" masih selalu ada. Desain adalah produk kebudayaan hasil dari dinamika sosial, teknologi, ekonomi, kepercayaan, perilaku dan nilai-nilai tangible dan intangible yang ada di masyarakat dalam kurun waktu tertentu.

Desain hanya ujud akhir dari proses interaksi dari unsur-unsur diatas, sehingga sebuah kursi atau sepatu akan dapat bercerita banyak tentang bentuk masyarakat yang menghasilkannya.

.